Selasa, 07 Agustus 2018

Pentingnya Social Media Specialist | Eps 1


Di era millenial seperti sekarang, sebuah proses komunikasi berjalan sangat cepat. Tidak perlu dilakukan secara tatap muka, seorang komunikator dapat mengetahui feedback atau tanggapan dari komunikan. Hal tersebut tentu tidak akan terjadi, bila tidak adanya teknologi yang semakin canggih. Perkembangan teknologi komunikasi beserta implikasi dan outputnya membuat banyak institusi maupun individu terdorong untuk menjadi peserta media sosial.

Kita bisa artikan bahwa popularitas sebuah institusi sangat erat kaitannya dengan keberadaannya di media sosial. Kenapa? melalui media sosial, institusi dapat menjangkau khalayak luas dengan waktu yang singkat. Pun bisa mendapatkan feedback yang cepat dari audiencenya. Oleh karena itu dalam organisasi atau perusahaan sangat tinggi tingkat urgensinya dalam menyediakan bagian penanggungjawab social media. Atau yang sering disebut admin media sosial, social media officer, dan social media specialist. 

Unuk membangun brand image atau kesadaran audience akan brand, media sosial sangat bisa diandalkan. Berbagai platform seperti facebook, instagram dan youtube dapat membantu perusahaan. Mulai dari menyebarluaskan, merancang, menjadwalkan, memberikan tanggapan dan mengevaluasi pesan yang disampaikan kepada audience. Maka tidak sedikit yang mengandalkan media sosial untuk image building atau pencitraan

Namun berdasarkan definisinya, seperti apa bidang social media specialist ini?

Berdasarkan apa yang saya baca di situs qerja.com social media specialist adalah orang yang mengurus dan memantau perkembangan media sosial suatu perusahaan, ia bertanggung jawab terhadap performa akun sosial media dan juga mendongkrak brand atau image perusahaan tersebut.
 
Bisa dipahami bahwa jobdesc social media specialist ini diantaranya adalah merancang dan mengupload konten di berbagai platform media sosial, menanggapi audience dan mengevaluasi konten dan strategi penyebaran kontennya. Perlu diketahui bahwa dewasa ini tidak hanya sebuah organisasi yang memerlukan bidang kerja ini. Namun pejabat publik atau selebritis pun punya orang yang bertugas memegang media sosialnya. Lalu apa saja tanggungjawab dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pekerjaan bidang media sosial ini? tunggu episode social media specialist selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar