Minggu, 10 Desember 2017

Tips to Writing



Oleh: Shofiyah Najiyah

Simpe tips untuk membuat sebuah tulisan. Tips ini aku kembangkan dari ilmunya Ahmad Dimyati, Jawara Motivasi No. 1. Aku memang bukan expert sih. But bagi kalian yang mau nulis, dan bingung mau nulis apa dan bagaimana. Here it is i recommend you to read this until finish. Probably it's help you to writing. So, lets we start it!

1. Pilihlah Topik Materi

Pilih topik materi yang paling temen-temen ingin sampaikan, yang menjadi kegelisahan selama ini, atau yang sesuai dengan passion temen-temen. Sehingga menguasai topik tersebut. Bisa sharing ilmu kuliah kita atau tutorial-tutorial yang mungkin aja banyak orang-orang cari di internet. Atau bisa juga mengangkat isu-isu yang sedang marak terjadi, kemudian kita bisa bicarakan itu dengan mengemukakan pendapat dan juga solusinya. Jadi tulisan kita bisa mengikuti perkembangan masyarakat.

2. Pembukaan yang memukau.

Pembukaan pada satu paragraf pertama akan mempengaruhi apakah pembaca akan membaca tulisan sampai akhir. Oleh karena itu perlu pembukaan yang memukau. Bagaimana membuat pembukaan yang memukau? kita bisa pilih sesuai dengan kemampuan kita.

  • Powerful Question. Secara alami, pertanyaan akan membuat audiens berpikir dan mencari jawabannya.
  • Story. Menceritakan kisah yang berkaitan dengan topik yang akan kita bahas. Story ini sudah sangat banyak yang menerapkan, entah itu berdasarkan pengalaman pribadinya dia, atau dia melihat penegalaman orang lain. 
  • Shock Fact. Memberikan fakta yang tidak diketahui sebagai bahan untuk pembuka. Fakta disini berupa data maupun survey penelitian.
  • Kutipan. Mengambil kutipan dari tokoh sebagai acuan dalam mengembangkan materi anda
3. Kerangka Tulisan.

Sebuah tulisan juga harus terstruktur. Kontruksinya juga harus kokoh layaknya sebuah bangunan. Agar pembaca bisa paham dengan jelas dan menyimpulkan makna dan kesimpulan dari tulisan kita. Nah kontruksi sederhana dari sebuah tulisan adalah W2H, yakni Why-What-How. Kita dahulukan Why karena untuk membangun rasa penasaran pembaca. Selanjutnya What untuk menjelaskan duduk permasalahannya. Kemudian setelah itu baru kita kasih solusinya.

 Contohnya kita akan menulis tentang kenakalan remaja jaman now. Firstly kita kasih data dulu seberapa banyak remaja yang berbuat kenakalan berdasarkan survey data yang valid. Kemudian kita bisa kasih contoh kasusnya. Lalu sebelum masuk ke solusi, berikan dulu beberapa informasi tentang kenakalan remaja. Seperti apa penyebabnya dan apa jenis-jenis kenakalan remaja. Setelah itu barulah kita berikan jalan keluar terhadap permasalahan yang kita angkat.

4. Berikan foto atau video

Foto maupun video ialah sebagai penunjang materi. Adanya illustrator diharapkan bisa menambah pengertiannya pembaca atas tulisan kita. 

5. Penutupan yang powerful

Cantumkan akhir dengan kesimpulan yang singkat, padat dan jelas. Selain memberikan kesimpulan, kita juga bisa memberikan kutipan singkat yang kemudian akan selalu diingat pembaca. Kita juga bisa call to action, yakni mengajak pembaca untuk melakukan apa yang sudah didapatkan dari tulisan kita. 

Just five step that you can try. Menentukan tema, pembukaan yang memukau, terstrukturnya sebuah tulisan dengan kunci; Why-What-How, sisipkan gambar, dan penutup yang berkesan. Jadi, selamat mencoba temen-temen. 

Jangan menangis dikala susah
Susah sedikit hadapi saja
Jadi penulis cukuplah mudah
Asal kreatif dan takhenti baca







6 komentar:

  1. Pembukaan yang memukau, masih jadi misteri bagi saya. Harus mikir keras untuk pembukaan yang layak untuk kalimat dan paragraf yang akan saya tulis. Bahas lebih rinci dong kak biar dapet nih sayanya. hehe

    BalasHapus
  2. Aku males baca tapi mau nulis banyak gimana donggg

    BalasHapus