Sabtu, 13 Oktober 2018

10 Karakter Muslim Tangguh


Assalamu'alaikum temen-temen hehe. Setelah sebelumnya berkutat pada serial Public Relations, kali ini pembahasannya yang religius nih. Seperti yang sudah temen-temen baca di judul. Topik kali ini akan menjabarkan pentingnya karakter islami dalam kehidupan seorang muslim. Tak perlu panjang lebar, langsung aja kita masuk apa aja sih 10 karakteristik muslim yang tangguh.

1. Aqidah yang lurus.

Aqidah ini adalah awal dari segalanya. Adalah pondasi dari amal. Amalan-amalan baik yang dikerjakan rutin setiap harinya berawal dari aqidah yang bersih dan lurus. Berangkat dari aqidah yang lurus akan menghasilkan ketenangan dan istiqomah dalam jalanNya. Sehingga tidak mudah goyah oleh ikatan dunia.

2. Ibadah yang benar.

Mengapa harus ibadah dengan benar? Teman-temanku yang insyaAllah selalu dirahmati Allah, ibadah wajib dan sunnah merupakan sarana kita untuk berkomunikasi dengan Allah SWT. Kedekatan seorang hamba ditentukan oleh intensitas dan kualitas ibadahnya. Tentu saja kualitas juga termasuk, apalah jumlah rakaat jika tidak khuysu atau tu'ma ninah. Dengan ibadah yang ihsan, maka akan mendatangkan kecintaan dan pertolongan Allah SWT. Shalat ialah termasuk hal yang Allah katakan dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 153; "Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu."

3. Akhlak yang tangguh
Dalam hal ini kita dituntut untuk memiliki akhlak yang mulia seperti Rasulullah SAW. Seperti jujur, cerdas, mengingatkan saudaranya dan amanah.

4. Bermata pencaharian
Ustadz Yusuf Mansur sering mengingatkan pada jama'ahnya bahwa umat Islam itu 'harus' kaya. Alasan yang pertama ialah untuk bisa menjalankan rukun islam yang sempurna. Bila mempunyai uang berlebih maka muslim dapat mengeluarkan zakat, sedekah wakaf, haji dan ibadah lainnya. Oleh karena itu menjadi penting bagi umat muslim untuk mandiri secara ekonomi. Dalam artian tidak menganggur. Ingat, dakhwah membutuhkan pengorbanan harta. Tapi jangan menjadikan dakhwah sebagai sumber penghasilan kita hehe.

5. Wawasan yang luas
Seorang muslim harus cerdas, memiliki wawasan yang luas, baik dalam urusan dunia maupun agama. Kita perlu meneladani Rasulullah yang dengan amanah dakhwah yang ia emban, mendapatkan gelar fathonah atau cerdas.

6. Jasmani yang kuat
Untuk mengemban amanah dakhwah tentu tidak hanya secara ruhiyah dan fikriyyah saja. Melainkan kesehatan dan kekuatan jasmani sangatlah penting.

7. Memerangi hawa nafsu
Agar tidak terjerumus pada kejahatan dan kebatilan, maka perlu adanya kesungguhan. Kesungguhan dalam senantiasa istiqomah memegang teguh hukum Allah. Setiap harinya kita bujuk rayuan setan selalu menghampiri kita. Maka dengan adanya sungguh-sungguh, niscaya akan berhasil melawan hawa nafsu.

8. Teratur urusannya.
Untuk mencapai keberhasilan, tentu memerlukan perencanaan agar mampu mengatur urusannya. Seorang muslim yang tangguh harus mengetahui dan merencanakan hal apa saja yang akan dilakukan untuk esok, seminggu atau sebulan kemudian. Kemudian ketika di penghujung hari, dianjurkan melakukan evaluasi terhadap urusan kita pada hari itu.

9. Pandai menjaga waktu
Seorang teman SMA pernah mengatakan dalam quptesnya; bekerja dan beramal memang melelahkan. Namun waktu luang membinasakan. Maka setiap individu muslim dituntut agar dapat mengelola waktu dengan kegiatan-kegiatan positif. Tidak boleh ada waktu yang dibuang dengan percuma.

10. Bermanfaat bagi orang lain
Seperti yang kita ketahui dalam hadist; sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat bagi orang lain atau minimal di lingkungan sekitarnya. Sehingga seorang mukmin, apalagi penyeru kebaikan selalu berusaha memberi manfaat bagi orang banyak. Tidak hanya bermanfaat untuk diri kita sendiri saja.

Naah berdasarkan dari buku yang saya baca, makna dari ke sepuluh karakteristik tersebut ialah:
Kedekatan seseorang kepada sang Pencipta akan menghasilkan perilaku-perilaku yang membawa manfaat terhadap dirinya dan lingkungannya. Perilaku-perilaku inilah yang akan selalu melekat dalam kehidupan sehari-hari. Seperti diantaranya: keikhlasan yang tinggi, amal yang berkelanjutan, semangat perjuanan, jiwa berkorban, merdeka, teguh pendirian, tulus, ukhuwah islamiyah, dan tsiqah (kepercayaan). 

2 komentar: