Sabtu, 03 November 2018

Sejarah Kemenangan Islam


Pada postingan kali ini, saya akan share peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah islam di dunia.  Berawal dari rasa penasaran bagaimana awal mula palestina bisa terjajah, dan merambat pada kisah dihapuskannya Daulah Ustmaniyyah. Saya jadi berniat untuk coba mengurutkan peristiwa-peristiwa tersebut. Sumbernya sebagian besar dari Cordova Media dan berbagai situs-situs sejarah Islam lainnya yang insyaAllah valid.

1. Andalusia ditakhlukkan oleh Thariq Bin Ziyad mengalahkan Roderick, pemimpin Kerajaan Visigoth pada 29 Ramadhan 92 H (711 M)

Pertempuran terjadi di Lembah Sungai Barbate selama 8 hari. Allah memberikan pertolongan kepada pasukan muslim dan memenangkannya. Setelah kemenangan itu, muslim berkuasa hingga 800 tahun lamanya.

2. Kekalahan Pasukan Umayyah atas Pasukan Frank pada 9 Ramadhan 114 H atau 10 Oktober 732M

Penyebab kekalahan kaum muslimin ini karena adanya fanatisme kesukuan antara pasukan dari etnis Arab dan Berber [Afrika Utara] serta memperebutkan harta rampasan perang. Selain itu Kerajaan Frank yang dimpin oleh Charles Martel ini telah mempelajari taktik dan strategi perang kaum muslimin.

3. Penaklukkan Anatolia dipimpin oleh Sultan Alp Arslan pada Jum'at tanggal 26 Dzulqaidah 464 H /Agustus 1071 M
Pertempuran antara Kesultanan Turki Seljuk dengan Kekaisaran Byzantium di Anatolia ini terjadi di kota Manzikert atau Malazgirt, Turki timur saat ini. Kekalahan Byzantium tersebutlah yang mendorong Perang Salib dan penjajahan di wilayah Syam oleh Khatolik Romawi.

4.  Pembebasan Al-Quds oleh Shalahuddin Al-Ayyubi pada 27 Rajab 583 H / 2 Oktober 1187 M

Setelah Perang Salib membantai lebih dari 10.000 muslim Al-Quds pada 1099 M. 88 tahun setelahnya Shalahuddin Al-Ayyubi membebaskan Al-Quds tanpa bertindak keji sebagaimana perlakukan pasukan Kristen saat mengalahkan kaum Muslimin. Shalahuddin bahkan melindungi umat kristiani beserta gerejanya dan melarang kaum muslimin menjarah harta milik mereka.
  
5. Kemenangan Muslim Mamluk melawan Mongol di Ain Jalut (Palestina) pada Jum'at 25 Ramadhan 658 H/ 3 September 1260 M

Dipimpin oleh Sultan Saifuddin Quthuz kaum muslimin melawan pasukan Mongol yang dipimpin oleh Kitbuqa Noyan. Pasukan Mongol dapat dikalahkan berkat taktik Quthuz yaitu pura-pura kabur dan mundur. Mongol yang sebelumnya telah memusnahkan Baghdad pada 1258,(dua tahun sebelumnya) atas izin dan kehendak Allah dapat dikalahkan. 

6. Penaklukan Konstatinpel oleh Sultan Muhammad Al-Fatih pada 20 Jumadil Ula 857 H atau 29 Mei 1453

Saya sudah pernah bahas mengenai penalukkan konstatinpel pada pada postingan sebelumnya disini, buat kalian yang belum baca. Konstatinopel akhirnya dapat ditaklukkan pada 8 abad setelah nubuat nabi Muhammad tentang pembuka Konstatinopel dan Roma. Penaklukkan kota konstatinopel ini dipimpin oleh panglima Sultan Muhammad Al-Fatih. Setelah dua bulan lamanya bertempur, ia dan pasukannya dapat memasuki wilayah kota terkuat itu dengan cara menyebrangkan kapal mereka ke Golden Horn (tanduk emas) melewati bukit Galata. Al-Fatih dan pasukannyalah yang diceritakan oleh Rasulullah; sebaik-baiknya pemimpin dan sebaik-baiknya pasukan.

 
Bersambung....


Next: Spoiler. Runtuhnya Daulah Turki Ustmani dan awal mula Palestina dijajah

1 komentar: