Selasa, 26 Desember 2017

Jamannya Marketing dengan Web Series


Belakangan ini saya makin sadar akan satu hal. Makin banyak produk ataupun jasa yang menjadikan web series buat ajang promosi dan alat marketing. Promosi halus yang bahkan tak terlihat langsung bahwa this is video endorsement or video promotion. Sehingga penonton sama sekali tak terganggu dalam keterlibatan brand atau jasa tersebut dalam film pendeknya. Bukan hanya web series sih, bisa video dokumenter ataupun short movie. Marketing melalui konten video saya kira bagus untuk sarana mempertahankan keberadaan brandnya agar tetap familiar di masyarakat. Contoh video yang udah saya tonton video dokumenter dari parfum Axe, Move On Trip dan Bitersweet dari Samsung, Isyana's Story dari Cornetto, Arah Kisah Kita dari Opera dan Pencarian Bakso dari Traveloka. Brand Ambassador Oppo, Kevin Hendrawan juga beberapa kali membuat Short Movie di akun Youtubenya dan secara tidak langsung mempromosikan kelebihan Oppo.

Sore - Istri dari Masa Depan

Tahun 2017 awal Tropicana Slim meluncurkan web series yang cukup booming di Youtube. Judulnya Sore; Istri dari Masa Depan.. Saking boomingnya, film series ini banyak dibuat parody dan video reaction oleh banyak orang termasuk youtuber sekelas HanYoo Ra. Saya pun tahu film series ini dari Youtuber Arief Muhammad. Emang sih ini konsepnya menarik dan unik banget. Pun beberapa Blogger saya temui juga ada yang menuliskan tentang film series ini. Salah satunya Blogger Galih Setio Utomo

Lokasi syuting di Itali dan adanya pelajaran berharga jadi nilai plus banget buat web series ini. Jadi esensi dari film bukan cuma adanya cerita as an entertain lalu di relate ke produknya. Melainkan mencakup pengenalan citra kota yang ada di Italy dan gerakan hidup sehat dengan olahraga, tidur teratur, makanan berprotein. Web Series ini menyadarkan kita bahwa dalam hidup itu meskipun mungkin awalnya kurang mengenakkan, Tuhan selalu kasih kita banyak kejutan indah yang tidak kita duga. It's happen. Saya gak mau spoiler. Buat kalian yang belum nonton, silahkan nonton ini versi fullnya.


Sebelum web series ini, sebenernya saya lebih dulu nonton video dokumenter dari Axe sih. Konsepnya cukup menarik. Perjalanan pria-pria hingga sukses dengan selalu memakai parfum Axe. Videonya hanya ada satu tokoh utama. Beda-beda orangnya, dari artis, seniman atau influencer. Saya baru nonton yang perjalanan Keenan Pearce, Chicoo Jerikho sama Agung Hapsah. Perjalanan satu orang dibagi jadi tiga sampai empat video.

The Untold Story

Cukup berkesan dan selalu ingat perjalanan Keenan Pearce dalam pelariannya ke sebuah desa terpencil. Alasan kepergiannya di dasari dengan mencari ide untuk projek pekerjaannya. Atasannya tidak menyetujui konsep campaign yang ia rancang. Awalnya saya bingung sih ini semacam jasa kreatif gitu sepertinya. Sampai pada Keenan bertemu gadis sederhana yang mengabdi untuk anak-anak desa. Dia membantu gadis itu mengajar dan membantu anak-anak desa membuat video ucapan terima kasih kepada sang gadis tersebut. Dari bantuannya itulah ia mendapatkan ide untuk membuat campaign bernama project thank you. Kemudian bisa kembali ke Jakarta dengan mempresentasikan idenya.
Berterimakasih membuat kita lebih respect sama orang lain. Membuat kita lebih menghormati diri kita sendiri. Buat kebanyakan orang, project thank you sama dengan project gratisan. Itu sebab makna dari terima kasih ikut terdegredasi. 
Saya percaya dibelakang kesuksesan semua orang pasti ada seseorang yang berjasa dalam hidupnya. Kadang kala kita lupa urgensi dari terima kasih. Padahal mungkin without them, we're nothing. Salah satu dokumenter dari Keenan ini buat saya cukup sederhana tapi sangat menyentuh. Berkaca pada usaha Keenan dalam mencari ide, membuat saya semakin sadar kalau semua masalah datang dengan lebih banyak jalan keluar.  Jalan keluar bisa sesederhana itu akan datang pada kita. Asalkan kita lebih tenang dan cermat menghadapinya.

Ah iya Mini Beauty Dramanya Bittersweet dari Beauty Vlogger Abel Cantika. Setiap akhir episodenya ada tutorial make up atau skin care produk Emina yang diperagakan Abel. I don't know well. Apakah mini drama ini termasuk video marketing atau tidak?

Yang sangat saya suka dari web series atau short movie produk, ialah ada kalimat yang bisa jadi nilai jual atas produk itu. Saya kurang tau sih kalo produk lain, ingetnya short movienya Kevin Hendrawan dengan produknya Oppo. Menurut kacamata saya, melalui kalimat ini Oppo mengajak masyarakat untuk selfie menggunakan oppo.

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjcwtqU567YAhWKOY8KHSZsBagQtwIIKTAA&url=https%3A%2F%2Fwww.youtube.com%2Fwatch%3Fv%3D-0dqb4nujjk&usg=AOvVaw32b2pkScTerR6k_xlTEMHX


Jaman now hiburan bukan hanya dari film di bioskop atau di TV. Yeah every body know that Youtube is more than TV. Meluncurkan film di Youtube bisa menjadi hiburan untuk banyak orang. Buat saya semacam short movie dan lainnya bahkan bisa menjadi tempat belajar juga. Tempat mencari inspirasi, menambah pengetahuan juga jalan keluar masalah. Bahkan saya tipe orang yang sering mendapatkan ide maupun pencerahan dari menonton sebuah cerita.

Memperhatikan sinematografi dan konsep cerita web series bisa melahirkan banyak kreatifitas. Perusahaan kini tak perlu kesulitan dalam mempertahan elektabilitas produk dan jasanya. Promosi jaman now buat saya tak perlu lagi dengan memakai seragam produk lalu berdiri di pinggir jalan dan membagikan brosur pada pengguna jalan yang lewat. Manfaatkan media sosial dengan sebaik-baiknya. Maka dengan cepat akan viral di media sosial. Sekarang jamannya era digital kok. Terlebih Youtube kini lagi marak-maraknya dipergunakan. Youtube pun buat saya jadi sarana komunikasi yang baik kepada publik. Sebab dari video yang di apload di Youtube kita bisa melihat dan mengkaji viewr, comment, demografi dan target audiens.

Buat kamu yang punya produk atau jasa tidak ada salahnya membuat web series sebagai alat marketing. Bukankah pemasaran itu harus mengikuti perkembangan zaman? Coba tulis di kolom komen kira-kira web series yang mana lagi yang perlu saya tonton dan review?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar