Jumat, 01 Desember 2017

Built Personal Branding


Semua orang sejatinya memiliki personal branding yang menampilkan hal yang ingin diperlihatkan pada orang lain. Kita mempunyai kendali penuh atas keputusan dalam merespon sesuatu, menampilkan sesuatu dan membuat sesuatu. Gambar kepribadian dan daftar kemampuan yang kita tampilkan akan membangun citra diri kita. Yeah, everybody marketing something. Setiap orang memasarkan sesuatu yang ada pada dirinya. Namun faktanya tidak demikian. Tidak semua orang bisa mengendalikan personal branding dengan baik. Faktornya bisa dipengaruhi oleh lingkungan yang tidak mendukung kebebasan berekspresinya, terlalu bersifat konsumtif terhadap hiburan atau apapun, sehingga melupakan apa tujuan yang sebenarnya. Terlalu bersifat konsumtif terhadap hal yang kurang bermanfaat akan mengurangi konsisten dalam branding. Jadi apa sebetulnya personal branding? 

Personal branding adalah proses yang akan membawa skill, kepribadian, dan karakteristik unik seseorang dan kemudian membungkusnya menjadi sebuah identitas yang memiliki kekuatan dibandingkan dengan kompetitor"-Peter Montoya penulis buku The Brand Called You.

Personal branding adalah identitas kita yang bisa menjadi nilai jual dan menjadi modal untuk bersaing khususnya di dunia kerja. Branding adalah apa yang orang puji atau gosipkan tentang kita. Tidak sedikit orang dengan kemampuan luar biasa, namun tidak memiliki personal branding. Bukan hanya karena untuk memaparkan jati diri dan kegiatan yang dilakukan, tetapi bisa juga untuk berbagi cara melakukannya. Jadi orang lain bisa mengikutinya. We could make inspire people. Who knows. 

An example Muzammil Hasbalah lulusan Arsitektur ITB with his skills in recite the quran. Banyak orang dari berbagai kalangan terinspirasi dan mengidolakannya . Or if you know Aulion sebagai creative content creator di Youtube dan instagram. Mereka menampilkan kemampuan masing-masing di sosial media, sehingga bisa menghasilkan uang. Tidak hanya itu mereka juga membuat diri mereka unik dan berbeda dari netizen lainnya. Semua muslim banyak yang bisa membaca al-qur'an. Akan tetapi adakah orang yang membacanya dengan merdu dan mempublikasikannya dengan rutin? So tell the world, what distinguishes you from others and what makes you unique. Sama halnya dengan Aulion, dia berkiprah di dunia youtube sejak tahun 2008. Ketika berusia 13 tahun Aulion pertama kali mulai membuat video stop motion dan dipublikasikannya pada tahun 2010.
Branding adalah suatu hal yang sudah kita lakukan selama beribu-ribu jam sampai kita mahir dan menjadi spesialis dalam hal tersebut. Personal branding isn't built in months, but years.
This is a simple tips of personal branding:
  1. Kesadaran diri sendiri. Jika tidak ada kesadaran sendiri, maka hasilnya akan berbeda dengan orang lain yang penuh dengan self-awareness 
  2. Kenali tujuanmu. Setiap hal yang dilakukan semua orang pasti ada tujuannya.
  3. Pilih bidang atau hal apa yang kamu suka untuk digeluti.
  4. Pilih dengan media atau platform yang ingin kamu gunakan untuk mempublikasikan skill dan identitas kamu.
  5. Bersemangatlah dengan apa yang kamu sukai dan berbuat lebih banyak sesuatu bermanfaat dengan hal yang kamu sukai 
  6. Tell them your stories  (especially why would you do it)
  7.  Istiqomahlah!
  8. Sabar. Tidak ada yang langsung sukses dengan apa yang disukainya. All success must be gradually. Step by step. Everything can not be instantaneous
Personal branding is when you feel so excited in doing it and it can be an identity of you that makes it easy for people to recognize you. Then of course personal branding is learnable. So tell the world what's your personal branding?

4 komentar:

  1. "Yeah, everybody 'marketing' something!"

    Gue suka ni kata2nya, yeah I do agree! 😂

    BalasHapus
  2. Mantep kann hhe. Anw thankyou for your visit my blog

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Emang sih, pasti ada naik turunnya. Tapi bisa dicoba dengan selalu inget tujuan kita dan memotivasi diri sendiri hoho.

      Hapus