Senin, 04 Desember 2017

Desain Grafis terbaik untuk Infografis

Seperti yang kukatakan di postingan sebelumnya, kali ini aku akan membahas infografis secara visual atau desain grafisnya. Sebelum baca tulisan ini, pastikan baca terlebih dahulu postingan yang sebelumnya yaaa.

Visual yaitu terdiri dari media, font, spasi, dan layout. Gambar harus mewakili kerapatan dari sebuah konten. Menggunakan format dan font yang terlalu kecil memungkinkan orang tidak bisa membacanya. Sebelum memasuki penjelasan mengenai penggunakan warna, font, layout dan ilustrasi manual, berikut contoh infografis yang bagus dalam sisi visual.

Infografis yang kami buat selama satu jam saat Workshop KIDI
Infografis diatas ini alhamdulillah jadi pemenang saat praktek workshop Konten Informasi Digital Desember 2016 lalu dari segi visual. Mulai dari software, Infografis bisa menggunakan software Adobe Illustrator, Adobe Photoshop atau Corel Draw. Tergantung kebutuhan dan tingkat kenyamanan masing-masing penyaji. Masuk ke teori tentang penggunaan warna; warna yang dipakai dianjurkan cukup tiga warna saja dan warna netral. Hindari pemakaian warna terang, warna pelangi dan warna font yang sama dengan warna background. Warna dasar yang digunakan diatas ialah warna hitam sebagai background, warna putih sebagai font dan biru sebagai ilustrasi gambar.

Beralih ke font yang digunakan simple sehingga mudah untuk dibaca. Penggunaan gaya font juga tidak boleh terlalu banyak, agar visual tetap stabil. Dalam layout, element yang dipakai harus seimbang. Begitula penataan dalam font. Sebab layout yang tertata dengan rapi setiap elemennya akan membuat audience dengan mudah menarik kesimpulan.

Ilustrasi manual menjadi bumbu penyedap dari sebuah konten infografis. Oleh karena itu gunakanlah ilustrasi yang unik, menarik dan simpel. Ilustrasi yang digambarkan harus sesuai dengan narasi. Bila ingin menampilkan diagram, jangan gunakan angka yang lebih dari 100. Agar audience tidak pusing melihatnya.

Kunci dari suksesnya infografis adalah dengan memposisikan diri sebagai audience yang akan mengambil kesimpulan dari apa yang kita gambarkan.  Jadi berikanlah pemahaman melalui data dan visual yang menarik dan mudah dipahami. Selamat mencoba semoga sukses!

Sebagai penutup serial Infografis. Foto waktu dapetin sertifikat kemenangan di Metro TV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar